Ini Manfaat Jika Cirebon Timur Mekar

Ini Manfaat Jika Cirebon Timur Mekar

CIREBON - Anggota Komisi III DPRD Jawa Barat, Husin SE mengatakan banyak manfaat dari pemekaran daerah. Termasuk wilayah Timur Kabupaten Cirebon.

Namun Husin meminta agar semangat perjuangan pemekaran bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

Menurutnnya, manfaat dari pemekaran wilayah adalah memudahkan urusan administrasi masyarakat disuatu daerah, selain masyarakatnya bisa terlayani dengan cepat, persoalan jarak tidak akan lagi menjadi masalah.

\"Kita tentu tidak ingin masyarakat terkendala dengan jarak untuk mengurus administrasi, dari tempat tinggalnya kepusat pemerintahan jaraknya sangat jauh, lebih dari puluhan kilometer,\"ujarnya.

Selain manfaat untuk masyarakatnya, wilayah yang dimekarkan juga akan semakin mempermudah dalam melakukan pendataan sehingga pemerintah bisa fokus menangani persoalan yang ada dimasyarakat.

\"Kabupaten wilayahnya sangat luas, saat ini ada 40 Kecamatan, jumlah penduduknya lebih dari 2 juta jiwa, saya melihat dengan semua potensi ini memang sudah waktunya pemekaran,\"jelasnya.

Yang tak kalah penting, nanti jika sudah dimekarkan, otomatis akan ada support dana perimbangan dari pusat yang akan banyak membantu banyak sektor untuk wilayah yang baru dimekarkan.

\"Dana perimbangan yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada Daerah untuk mendanai kebutuhan Daerah akan mempercepat proses pembangunan, ada beberapa jenis dana perimbangan yang bisa didapatkan yakni Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK). (dri)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: